Malem ini gue dikejutin ama pengakuan mba rom. Jd ceritanya luna dari kmr flu, sebenernya pagi waktu dari rumah ampe kantil luna sehat2 aja,ga ada tanda mau flu, ternyata sore mama kantil bbm,katanya luna agak rewel hari ini, kepalanya anget,meler,trs nanya perlu dimandiin apa ga. Gue jawab mandiin aja, tp pake air anget. Pada dasarnya gue emg bukan ibu yg panikan, bukan tipe ibu yang apa2 diomongin orang di telan gitu aja, gue lbh ke tipe ibu yang lebih percaya ama intuisi dan feeling gue + percaya ama ilmu2 yang gue dpt dari luar sana (internet,buku dsb) makanya kesannya jd kayak tenang,nyante, padahal mah tetep weh kepikiran :). Nah hari ini kayak biasa pas pulang kantor jemput luna gue tanya mba rom lagi luna masih meler ga,katanya masih, cm yang gue liat emg lbh banyak diem, biasanya petakilan,padahal td lg byk orang dirumah mama, tp luna biasa aja, tetep senyum,ketawa,cm ga kayak biasa, dijalan mau pulang kerumah,luna duduk ama gue, sepanjang jalan dia nyender didada gue, biasanya ada aja kerjaan luna slm dijalan, ya ngambil pengharum mobil lah, megangin persneling lah, megangin jam uli lah, tp tadi ga, asli cm nyenderan daaann tiduur..jarang2 dia tidur dimobil ga pake nyusu, ampe kita nyampe rumah, keluar mobil, masuk kamar,tetep tidur,luna hampir ga pernah kayak gini, luna itu tipe bayi yang tidur dimobil doang, jd dia emg kl dimobil tidur, mobil berenti udah aja gitu bangun, kayak ada alarmnya yang ngasih tau “lunaa,kita uda nyampe ” , nahh makanya td gue ama uli senyum2 sendiri liatnya, kita mikirnya pasti ni anak ngantuk banget. Ditaroh pun tetep tidur,ga kebangun atau gelisah sama sekali. Selesai naroh luna, gue keluar kamar ketemu mba rom, gue tanya luna emg ga tidur dari jam brp karna emg terakhir gue nlp siang jam 1an gitu luna masih main,katanya siang tidur,bangun jam setengah 5.oke, gue pun jalan mau balik kekamar, mba rom ngikutin gue kekamar dan tiba2 ngomong sambil nangis, “bu,maapin rom,luna sakit gara2 rom teledor kemarin. Kemarin rom ke dapur, luna dipegang mama ivan (pembantu gue) ga taunya luna di kasih es” jedeenng!!! Es!!! Tau ga si lo, es2 sirup warna/i yang suka dijual diwarung2 itu (sebelah rumah mertua ada warung), anak gue,umur 7bulan jg blm dikasih es begituan. Ya allah, ga tau deh gue rasanya kayak gimana dengernya. Speechless. Ditambah lagi “tadi juga digendong lagi ama mama ivan, luna mau dikasih permen, untung rom liat “. Gue dengernya..gimana ya, entah marah, entah nge blank, cm langsung aja di otak gue “nah kan kejadian kan!! I knew it!!!” marah,jelas! Pengen gue tampar bolak balik rasanya, sakit hati,iya, gue capek2 pulang kantor masak buat makanan luna, itu karna gue nerapin makanan sehat bt dia, biar dia sehat, eh itu kutu bletek malah seenak jidat ga pake otak ngasih anak gue makanan sembarangan, siapa dia??? *emosi tingkat tinggi* πŸ˜€
Uli kaget denger cerita gue, aslik diem, yang dilakuin uli nenangin gue, bilangin supaya gue jangan marah lag,jangan sedih, bilang luna pasti ga apa2, luna anak kuat,disusuin aja banyak2, terus uli sambil nemenin luna tidur bisikin luna “luna anak sehat kok,kuat kok,luna banyak2 minum susu ama mama,biar kuman2nya dibunuhin” sambil nyium2in luna πŸ˜₯
Gue sukaaa banget cerewetin uli masalah luna, masalah kekhawatiran gue ninggalin luna ama mba rom, ama mama ivan, masalah hal2 yag sll gue protes dan gue ga setuju dengan cara2 mereka. Tiap bulan ada aja adu argumen gue ama uli ttg masalah ini, dan in the end uli pasti sll ngasi opsi gue buat resign aja, karna dia kasian liat gue yang terus2an kepikiran luna, yang ga pernah bisa percaya, yang jadinya gue sll ngelakuin segala sesuatunya sendiri, kata uli kasian guenya, capek badan, capek pikiran. Gue ninggalin luna almost 10 hours everyday, and i felt guilty, tiap malem pas luna udah tidur gue sll bisikin luna “maafin mama ya sll ninggalin luna” ,gue berusaha nyisipin waktu buat mandiin luna pagi sebelum kekantor, gue masak buat luna tiap malem biarpun kadang guenya uda ngantuk,capek, gue msh pengen maen ama luna malem sebelum tidur ketimbang gue kasihin mba rom dan gue mandi, karna gue pengen bayar waktu gue yang kebuang ga sama luna selama 10 jam, gue pengen kontribusi gue ngurus luna tiap hari juga masih ada, gue bukan ibu yang perfect, gue bukan ibu yang parnoan, gue bukan ibu yang banyak larangan, gue cm ibu yang terlalu amat sayang ama anaknya.
Gue ga peduli dengan omongan mama kantil yang bilang “namanya juga orang kampung, cara dia ngurus jadinya gitu” no!!! Jadi karna orang kampung terus dia bisa seenaknya ngurus luna dengan cara dia? *tamparlagi* ‘ semua anak beda, jangan samain luna dengan anak siapapun ang pernah dia asuh, dia kerja ama gue ikut aturan gue,ihh gila ya,emosi banget gue huahaha
Perasaan gue ya,gue ama uli itu majikan yang sangat2 pengertian dan baik :D, kita ga pernah nyuruh yang berlebihan ama mba rom & mama ivan, ga pernah minta ina ini itu, yah yang sesuai standar kerjaan para pembokat dan pengasuh, ga pernah nyuruh nyedot karpet tiap 3hari sekali *nah loh*,nyuruh nyuciin mobil kayak pembokat rumah depan,ga pernah nyuruh bersihin taman, mba rom hampir ga pernah gue suruh bikin makanan luna, jadi dia kekantil uda gue bekalin makanan luna ampe siang tinggal taroh kukusan buat manasin, gue maunya dulu waktu gue uda mulai masuk kerja lagi luna minum asip disendokin tapi karna *kayaknya* mertua,mba rom dan mama ivan kayaknya protes karna ribetnya ya udahlah akhirnya gue ngalah pake dot,mereka minta libur lebih dari sehari dlm sebulan gue kasih, minta gaji dua bulan didepan kalo lg ada keperluan gue kasih, minjem duit gue pinjemin, mereka makan makanan yang sama kayak gue dan uli makan, kl kita ngemall dan makan diluar mba rom sll makan yang sama kayak gue), baju2+jeans gue sebelum hamil (yang sekarang ga muat semua hiks) gue kasih siapa?ke mereka.kalo gue mau nerapin kayak orang2 lain perlakuin para asisten RMnya,pasti banyak bgt kerjaan mereka yang ga pernah dilakuin. Tapi gue dan uli yang tipe,ya udahlah,anggap aja bagi2 rejeki buat orang, mereka mau kerja ga gitu sesuai ama maunya kita ya udahlah,selama itu msh wajar. Mba dina, mbak gusti, icha dan temen2 gue yang lain suka ngmongin gue, ngapain gue pake mikir ga enak2,kasian mereka repot, itu kan emg kerjaan mereka, mereka di bayar buat ngelakuin semua kerjaan itu, tapi ya itu balik lagi gue orangnya ga tegaan 😦
Kadang gue suka mikir,kok gue udah baik2 ama orang tapi mereka ttp jahat ya ama gue hehehe tapi harusnya ga boleh mikir gitu ya,itu namanya minta pamrih ya, harusnya bersikap proaktif mencari solusi bukan malah bersikap reaktif jiaahh *menerapkan hasil training 7 habits sabtu kmr*
Pengen resign tapiii masih mikir juga,ikhlas ga gue buat resign ya, buat jadi full IRT ,ninggalin kegiatan yang uda gue lakuin hampir 6 tahun,tapi kalo kebayang muka Luna,jadi ga tega buat terus2an nnggalin dia., kebayang sih gue tar kalo resign bakal ngapain aja, yang jelas gue bakal sibuk didapur nyoba berbagai menu di masakan nina atau di Ncc Indonesia
Kasian juga liat mba rom nangis sesenggukan td ( kata uli, dikamar mba rom masih nangis2 kayaknya ditelpon mama kantil) dia kayak nyesel dan bersalah bgt. Gue tau kalo dia sayang banget ama luna,dan dia ngerasa bersalah ama gue karna ga bisa ngejaga luna baik2 padahal gue udah percaya ama dia bt ngurus luna.
So, should i resign?? Aaakkk bingung 😦

Advertisements